WEB LAMA

Kelurahan Tambran

Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan

[RAPAT KOORDINASI PENCEGAHAN COVID-19 DAN PEMBERIAN BANTUAN ALAT SEMPROT & OBAT DESINFECTAN KELURAHAN TAMBRAN]    [LAUNCHING WARUNG GOTONG ROYONG KELURAHAN TAMBRAN]    ["AIR KEMASAN" DI KELURAHAN TAMBRAN]    [POSYANDU MASA PANDEMI DI KELURAHAN TAMBRAN]    [PENYEMPROTAN SERENTAK CEGAH COVID 19]    [KEGIATAN JUMINGSIH (JUM’AT SABTU BERSIH) DAN PSN DI KELURAHAN TAMBRAN]    [KAMPUNG INDIHOME KELURAHAN TAMBRAN]    [PENYEMPROTAN SERENTAK DI KELURAHAN TAMBRAN]    [PENYERAHAN TAMBAHAN KARTU KKS COVID-19 ]    [RAPAT PRA MUSBANG KELURAHAN TAMBRAN ]    [PENJAGAAN DI POSKO COVID-19 KELURAHAN TAMBRAN]    [BANTUAN BLT DARI DINAS SOSIAL]    [SOSIALISASI DAN PELATIHAN BANK SAMPAH KELURAHAN TAMBRAN TAHUN 2019]    [LOMBA KEBERSIHAN RT SE KELURAHAN TAMBRAN]    [POSKO GUGUS TUGAS COVID-19 KELURAHAN TAMBRAN]    [SOSIALISASI SADARI KELURAHAN TAMBRAN TAHUN 2019]    [PENYELURAN BANTUAN JPS DARI DINAS SOSIAL KAB. MAGETAN TAHAP II]    [PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DI KELURAHAN TAMBRAN UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19]    [LOMBA DASAWISMA TINGKAT KELURAHAN]    [KELURAHAN TAMBRAN MENUJU ODGJ TUNTAS ADMINDUK]    [PENYALURAN JPS DARI PROVINSI JAWA TIMUR]    [GIAT JUM’AT BERKAH]    [BANTUAN SOSIAL TUNAI (BST) TAHAP III DARI DINAS SOSIAL]    [RAPAT PRA MUSBANG KELURAHAN TAMBRAN]    [RAPAT RT DAN RW]    [SOSIALISASI PBB-P2 TAHUN 2020 KELURAHAN TAMBRAN – KECAMATAN MAGETAN]    [PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN KETUA TPP PKK KELURAHAN TAMBRAN]    [KEGIATAN JUM’AT SABTU BERSIH DAN PEMASANGAN BIOPORI DI KELURAHAN TAMBRAN]    [MONITORING DAN EVALUASI ADMINISTRASI PKK KELURAHAN TAMBRAN TAHUN 2020]    [CERITA DIBALIK PENGHUNI PINGGIRAN GANDONG]    [MARI BERSAMA #MENCATATINDONESIA (SENSUS PENDUDUK 2020)]    [KEGIATAN ADMINDUK DI KELURAHAN TAMBRAN]    [PELATIHAN SATUAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT (LINMAS) KELURAHAN TAMBRAN]    [SOSIALISASI SENSUS PENDUDUK 2020 (SP20) KELURAHAN TAMBRAN]    [KELURAHAN TAMBRAN DALAM MENYAMBUT NEW NORMAL]    [SOSIALISASI WAWASAN PEMBENTUKAN KARAKTER KEBANGSAAN BAGI GENERASI MUDA (BELA NEGARA)]    [KUNJUNGAN PEMBINA DAN KETUA TP PKK KEC. MAGETAN KE POSYANDU KELURAHAN TAMBRAN]    [PELATIHAN ANTROMETRI ]    [PENCAIRAN BST (BANSOS TUNAI) TAHAP 2 ]    [SAMPAH UNTUK KEMASLAHATAN UMAH]    [ZIARAH MAKAM EYANG YOSONEGORO]    [PEMBAGIAN MASKER OLEH ASN DAN PERANGKAT KELURAHAN TAMBRAN]    [PAVINGISASI DI KELURAHAN TAMBRAN]    [PENYALURAN BANTUAN UMKM DARI DINAS KOPERASI DAN UM KAB. MAGETAN]    [PENYERAHAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) KELURAHAN]   
12 Maret 2020

Sejarah Desa

SEJARAH KELURAHAN TAMBRAN

Desa Tambran adalah nama sebuah dukuhan dan sekaligus menjadi nama desa di Magetan. Desa Tambran termasuk di wilayah dari kecamatan Magetan kabupaten Magetan.

Desa Tambran dahulunya adalah merupakan tanah perumahan kabupaten Magetan yang pertama kali, yaitu pada masa Bupati Yosonegoro tahun1675 M. Adapun bupati Yosonegoro ini adalah salah seorang kerabat keraton Mataram, yang waktu kecilnya lebih di kenal dengan Basah Bibit atau Basah Gondokusumo. Bupati Yosonegoro ini di wisuda menjadi bupati Magetan oleh kakeknya yang bernama Basah Suryaningrat pada tahun 1675 M, dan setelah beliau wafatmakamkan di makam Setono Gedong yang berlokasi di Tambran Magetan.

Menurut sumber yang di peroleh asal mula penamaan desa Tambran ini bersamaan dengan penamaan desa-desa di sekeliling kabupaten Magetan, yaitu seperti desa Kebon Agung. Dan penamaan desa-desa itu awalnya sebenarnya adalah berkaitan dengan kebutuhan dari rumah tangga kabupaten Magetan yang di tata oleh Bupati Yosonegoro.

Waktu itu keluarga kabupaten Magetan memerlukan tempat untuk menanam berkebun yang luas, maka bupati Yosonegoro memerintahkan abdi dalem unutk membuat kebun tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari wargo dalem kabupaten Magetan. Tempat tersebut dinamakan oleh bupati Yosonegoro dengan nama Kebondalem atau Kebonagung (jw. Kebun yang luasa dan besar) dan akhirnya juga menjadi nama desa Kebonagung sampai sekarang.

Selanjutnya keluarga kabupaten juga memerlukan sebuah tempat tinggal untuk putrid-putri dalem Kabupaten, maka bupati Yosonegoro membuat tempat yang namanya GUSTEN. Nama GUSTEN ini berasal dari Gusti nganten, dan Gusti Nganten ini adalah sebutan dari para Putri-putri dalem Kabupaten. Adapun tempat GUSTEN ini terletak di desa Kebonagung sebelah timur.

Bupati Yosonegoro waktu itu juga berkenan membuat kolam ikan, yang tentunya diperuntukkan untuk tempat memeliharan ikan oleh bupati Yosonegoro. Beliau memilih tempat kolam ikan tersebut di sebelah timur Dalem Kabupaten Magetan. Maka mulailah bupati Yosonegoro membuat kolam-kolam ikan di tempat tersebut, sedangkan ikan yang dipelihara oleh bupati Yosonegoro adalah ikan Tombro. Akhirnya oleh bupati Yosonegoro tempat memelihara ikan tersebut di namakan TAMBRAN, dan menjadi nama desa Tambran hingga sekarang.

SUNARSIH (PENATA TINGKAT I)    SUNARDI (PENATA MUDA TINGKAT I)